2. Penjelasan Program Per baris [kembali]
- START: JMP MULAI
Pada baris pertama, merupakan program perintah 'JMP', dimana fungsinya adalah untuk melompat ke tempat yang ditunjukkan oleh perintah JUMP itu sendiri. Pada program ini, perintah JUMP menuju ke mulai. Setelah program baris pertama sudah dibaca, maka akan langsung melompat ke program bagaian 'Mulai'.
- Gambar DB
Pendefinisian data dengan ukuran satuan 1 byt.
- MOV AX,0B800H
MOV ES,AX
Untuk mengcopykan isi “Sumber” ke “Tujuan”. Antara “Sumber” dan “Tujuan” harus mempunyai tipe data yang sama. dalam program bagian ini, ES mengoperasikan isi dari 0B800h tersebut ke AX.
- MOV BX,OFFSET GAMBAR
Mengambil pergeseran gambar.
- XOR DI,DI
Menggunakan operasi logika untuk membandingkan isi suatu register atau variabel. karna sama-sama DI, maka hasil yang ditampung adalah 0 sehingga offsetnya DI=0.
- MOV AH,1FH
Menjadi hasil run-nya berupa warna biru dan putih.
- MOV AL,[BX]
Menyalinkan data (offset gambar) dari BX tadi.
- STOSW
Gambar yang dihasilkan tadi, akan diletakkan ke memori.
- INC BX
INC akan menambahkan 1 ke BX.
- CMP AL,0
Suatu perintah untuk membandingkan AL dengan 0.
- JE SELESAI
Jika AL sudah sama dengan 0, maka running selesai.
- JMP ULANG
Apabila AL belum sama dengan 0,maka komputer akan meneruskan dengan perintah baris berikutnya.
- MOV AH,4CH
Nilai 4C dalam heksadesimal disimpan dalam register AH.
- INT 21H
LCD adalah display 2 baris 16 kolom karakter yang contoh rangkaiannya adalah seperti gambar Rangkaian di atas. Data akan masuk ke pin 7-14 pada LCD, berupa nilai logika 1 atau 0. dan untuk pin RS, data yang masuk juga berupa 1 atau 0, akan tetapi untuk nilai logika 1 untuk input data dan nilai logika 0 untuk input instruksi. Lalu pada pin R/W, data yang masuk juga berupa nilai logika 1 atau nol, bedanya kalau nilai logikanya 1 untuk 'read' dan nilai logika 0 untuk 'write'. Selanjutnya, pada pin Vee (pin ke 13), akan disambungkan ke Potensio multitum yang fungsinya untuk mengatur kontras cahaya pada LCD. Dan pin Enable (pin ke 6), fungsinya untuk Enable Clock LCD, dengan logika 1 setiap kali pengiriman atau pembacaan data.
Selanjutnya menginisialisasi
1). Display Clear
Instruksi ini akan menghapus semua display dan mengembalikan kursor ke posisi awal ( alamat 0 )
2). Cursor Home
Instruksi mengembalikan kursor ke posisi awal ( alamat 0 )
3). Entry Mode Set
Insruksi ini mengatur arah pergerakan kursor dan apakah display akan digeser.
a) Jika I/D = 1 alamat akan dinaikkan dan kursor bergerak ke kanan dan jika I/D = 0 alamat akan diturunkan dan kursor bergerak ke kiri
b) Jika S = 1, semua display akan digeser, tetapi posisi kursor tidak berubah,
c) Jika S = 1 dan I/D = 1, display akan digeser ke kiri dan jika S =1 dan I/D = 0 display akan digeser ke kanan.
d) Jika S = 0, display tidak akan digeser
4). Display ON / OFF
D = 1, display akan ditampilkan
D = 0, display tidak ditampilkan
C = 1, kursor akan ditampilkan
C = 0, kursor tidak akan ditampilkan
B = 1, karakter tempat posisi kursor berkedip
B = 0, karakter tempat posisi kursor tidak berkedip
5). Cursor / display Shift
S/C R/L
0 0 Posisi kursor digeser ke kiri
0 1 Posisi kursor digeser ke kanan
1 0 Seluruh display digeser ke kiri dengan kursornya
1 1 Seluruh display digeser ke kanan dengan kursornya
6). Function Set
DL = 1 , Panjang data diatur 8 bit
DL = 0 , Panjang data diatur 4 bit (D7-D4)
6. Link Download [kembali]
File Program LODSB dan STOSB - Download
File Video Running Program LODSB dan STOSB - Download
File Rangakaian Display LCD Character 2x16 Download File Program LODSB dan STOSB - Download
File Video Running Program LODSB dan STOSB - Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar